1 / 3
WATU CENIK WONOGIRI
2 / 3
PUNCAK JOGLO
3 / 3
TANDEM PARALAYANG

Profil BUMDES Sendang Pinilih



profil-bumdes-sendang-pinilih-wisata-wonogiri
Bumdes Sendang Pinilih

Badan Usaha Milik Desa Sendang Pinilih (BUMDES Sendang Pinilih) Merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelolah oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa Sendang dalam upaya memperkuat perekonomi desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa Sendang.
Badan Usaha ini dimiliki oleh desa Sendang dan dikelolah bersama. Operasionalisasinya menggunakan falsafah bisnis yang berakar dari budaya lokal.
Bidang usaha yang dijalankan berdasarkan pada potensi dan informasi pasar, dalam hal ini masih berfokus dalam pengembangan pariwisata dan desa wisata.
Keuntungan yang di peroleh di tunjukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan desa. Pelaksanaan BUMDES Sendang Pinilih mengutamakan kemandirian tetapi juga
difasilitasi oleh Pemerintah Propinisi,Pemerintah Kabupaten dan Pemerintahaan Desa.
Operasionalisasi di kontrol secara bersama oleh BPD,Pemerintah Desa dan Anggota.
BUMDES Sendang Pinilih sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. Ini berarti pemenuhan modal usaha BUMDES Sendang Pinilih harus bersumber dari masyarakat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan BUMDES Sendang Pinilih dapat mengajukan pinjaman modal kepada pihak luar, seperti dari Pemerintah Desa atau pihak lain, bahkan melalui pihak ketiga. Ini sesuai dengan peraturan per undang-undangan (UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 213 ayat 3). Penjelasan ini sangat penting untuk mempersiapkan pendirian BUMDES, karena implikasinya akan bersentuhan dengan pengaturannya dalam Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Desa (Perdes).
Tujuan Pendirian BUMDES Sendang Pinilih:
Empat tujuan pendirian BUMDes,diantaranya sebagai berikut :
1.      Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Sendang,
2.      Meningkatkan Pendapatan asli Desa Sendang
3.      Meningkatkan Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat
4.      Menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.
profil-sendang-pinilih
Profil BUMDES Sendang Pinilih

Pendirian dan pengelolaan BUMDES Sendang Pinilih adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisifatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel. Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional.


0 Comments for "Profil BUMDES Sendang Pinilih"

Back To Top